Menurut
saya Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) merupakan suatu aktivitas yang banyak
dijumpai dalam kehidupan sehari-hari,terutama di zaman yang penuh dengan
teknologi saat ini. Pada saat ini komputer dapat kita temukan di berbagai
tempat seperti Mall, Perpustakaan, Restoran dan tempat lainnya yang mana
komputer tersebut berfungsi sebagai alat informasi yang memudahkan kita
mendapatkan apa yang kita butuhkan. Interaksi manusia dan komputer adalah
disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang
meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer
agar mudah digunakan oleh manusia. Sedangkan interaksi manusia dan komputer
sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh
manusia untuk berinteraksi dengan komputer secara interaktif untuk melaksanakan
dan menyelesaikan tugas yang diinginkan.
- Awal munculnya istilah interaksi manusia dan computer, yaitu :
1. Tahun
1950-an. Pertama kali diperkenalkan secara komersil.
2. Tahun
1970-an. Komputer pribadi(PC), maka berkembanglah penggunaan teknologi ini
secara cepat dan mengagumkan ke berbagai penjuru (pendidikan, perdagangan,
perusahaan dll) dan muncul isu teknik antarmuka pengguna (userinterface).
3. Pada
tahun 1980an. Pertengahan baru di perkenalkan istilah IMK
- Ruang Lingkup Interaksi Manusia Komputer :
- MANUSIA
Manusia memiliki keterbatasan dalam memproses
informasi dan hal ini mempunyai implikasi pada desain.
1. Informasi
diterima dan direspon melalui sejumlah saluran input dan output, yaitu;
a. Saluran
Visual (visual channel);
b. Saluran
Pendengaran (auditory channel);
c. Saluran
Peraba (haptic channel);
d. Pergerakan
(movement).
2. Informasi disimpan pada memory
a. Memory
Sensor- Memory Jangka Pendek;
b. Memory
Jangka Panjang.
3. Informasi
diproses dan diaplikasikan
a. Penalaran;
b. Pemecahan
masalah;
c. Skill
acquisition;
d. Kesalahan.
- KOMPUTER
Sistem
komputer terdiri dari berbagai macam elemen, yang masing-masing memiliki
pengaruh terhadap user. Peralatan input untuk penggunaan secara interaktif
memungkinkan user untuk memasukkan teks, menggambar, dan memilih obyek pada
layar.
* Text
entry : keyboard, speech, handwriting.
* Pointing
: secara umum adalah mouse.
Peralatan output untuk penggunaan secara
interaktif secara umum adalah beberapa jenis layar serta output dengan suara.
Output dan input dalam bentuk kertas : paperless office dan less-paperless
office.
* Memory
a. Memory
jangka pendek : RAM;
b. Memory
jangka panjang : magnetic dan optical disk;
c. Keterbatasan
kapasitas penyimpanan dokumen dan video;
d. Metode akses yang membatasi dan membantu user.
* Proses
a. Effek
dari sistem yang berjalan cepat dan lambat;
b. Keterbatasan
kecepatan pemrosesan;
c. Jaringan
dan pengaruhnya terhadap kinerja system
- INTERAKSI
Model interaksi membantu kita untuk memahami
apa yang terjadi pada interaksi antar user dan sistem. Model mengakomodasi apa
yang diinginkan user dan yang dilakukan sistem. Ergonomi mencakup karakter
fisik interaksi dan bagaimana hal tersebut mempengaruhi efektifitas. Dialog
antar user dan sistem dipengaruhi oleh gaya interaksi. Interaksi terjadi pada
konteks sosial dan organisasi mempengaruhi user dan sistem. Manusia dan
komputer berinteraksi lewat masukan & keluaran melalui antarmuka.
Ø Fokus
: perancangan dan evaluasi antarmuka pemakai (user interface).
Ø Antarmuka pemakai : adalah bagian sistem komputer
yang memungkinkan manusia berinteraksi dengan komputer.
Antarmuka Manusia dan Komputer, harus
user friendly (antarmuka yang bagus, mudah dioperasikan, mudah dipelajari,
pengguna merasa senang), untuk yang berkualitas tinggi yang dikagumi oleh orang
–orang beredar luas dan sering ditiru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar